Nama Kelompok : - Fandhi Bachtiar
(53413198)
- Farouq Muhammad Aqil (53413271)
Membuat
Animasi dengan Suara dan Rage Face
PENDAHULUAN
Animasi
berasal dari kata dalam bahasa inggris yaitu animate yang artinya menghidupkan,
memberi jiwa dan mengerakan benda mati. Animasi merupakan proses membuat objek
yang asalnya suatu benda mati, kemudian secara berurutan disusun dalam posisi
yang berbeda seolah menjadi hidup
Ditemukannya
prinsip dasar animasi adalah dari karakter mata manusia yaitu : persistance of
vision (pola penglihatan yang teratur). Paul Roget, Joseph Plateau dan Pierre
Desvigenes, melalui peralatan optik yang mereka ciptakan, berhasil membuktikan
bahwa mata manusia cenderung menangkap urutan gambar-gambar pada tenggang waktu
tertentu sebagai sebuah pola.
Animasi secara umum bisa didefinisikan
sebagai :
Suatu
sequence gambar yang ditampilkan pada tenggang waktu (timeline) tertentu
sehingga tercipta sebuah ilusi gambar bergerak. Pengertian animasi pada dasarnya
adalah menggerakkan objek agar tampak lebih dinamis.
Animasi merupakan
suatu teknik menampilkan
gambar berurut sedemikian
rupa sehingga penontonmerasakan adanya ilusi gerakan
(motion) pada gambar yang ditampilkan. Secara umum ilusi gerakan
merupakanperubahan yang dideteksi secara visual oleh mata penonton sehingga
tidak harus perubahan yang terjadi merupakanperubahan posisi sebagai makna dari
istilah 'gerakan'. Perubahan seperti perubahan warna pun dapat dikatakansebuah
animasi.
Pembuatan
suatu animasi bertujuan untuk memberikan kesempatan mengenbangkan kemampuan
berkreativitas dalam dunia animasi ditengah perkembangan ilmu komputer pada
saat ini . Bagi penulis pembuatan animasi 3D ini dapat menambah pengetahuan dan
pembelajaran lebih dalam pada animasi. Dan pembaca juga dapat mengetahui cara
membuat animasi.
PEMBAHASAN
A.
Langkah-langkah pembuatan objek animasi
Untuk
memulai pembuatan objek modelling yaitu pisang, melon, dan belimbing perlu
beberapa tahap, pertama-tama akan dibuka aplikasi blender 2.76.
Berikut tampilan awal blender 2.76
terlihat pada gambar diatas ini.
Pada
gambar diatas kita akan membuat sebuah gambaran ruangan dengan objek sebuh
meja, kursi , dan sebuah laptop
.
Selanjutnya pada gambar diatas kita membuat sebuah objek seperti manusia dengan keadaan seperti sedang duduk disebuah kursi karena kita akan gabungkan objek berikut dengan objek
sebelumnya yang telah kita buat sebuah ruangan dengan posisi duduk
diobjek kursi
.
Lalu
pada layer berikutnya kita membuat sebuah objek tempat pensil seperti gambar
objek diatas berikut ini , kita juga akan nanti akan menggabungkan objek
berikut dengan objek yang awal telah kita buat dengan menaruh nya dengan posisi
diatas meja .
Kemudian
pada ketiga gambar diatas adalah gabungan antara semua objek disemua layer
dengan manaruhkan objek dan menyesuaikan bagaimana posisi yang akan digabungkan
semua objek yang telah kita buat.
B.
Blender Dope Sheet Editor
Blender
dopesheet editor digunakan untuk melihat property apa saja yang terpengaruh
oleh sebuah keyframe.
C.
Face Rig
Face rig adalah teknik
menggerakan wajah dengan menggunakan tool object constraint yang bergambar
rantai.tujuanya agar bola mata mulut dan gerak bone di kepala menjadi lebih
hidup dengan mensingkronkan sumbu tiap objectnya.
PENUTUP
Dari
semuanya kita dapat simpulkan bahwa pada software blender yang kita gunakan
tidak hanya bisa membuat berbagai bentuk objek tetapi juga dapat digerakkan
sesuai dengan keinginan , dan kita dapat
membuat animasi 3D atau game pada blender ini. Pada software blender ini kita
juga dapat merender animasi yang telah kita buat dan bisa menambahkan efek
suara pada animasi tesebut.
Blender
ini sangat mudah untuk dipahami dan menjadikan sebuah animasi bergerak pun
lebih mudah. Mencoba software ini untuk membuat sebuah animasi karena blender
menyediakan banyak fitur yang berguna untuk pembuatan objek, animasi, ataupun
game dan juga blender ini bersifat open source atau sumber terbuka yang dapat
dimanfaatkan digunakan oleh semua user.
Tetapi software ini tidak mememiliki tool yang lengkap
seperti 3D max , tampilannya pun masih cukup berantakan , dan semua proses juga
masih dilakukan secara manual.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar